Aplikasi Edukatif, Pilihan Menghabiskan Waktu Bersama Anak di Rumah

ADVERTISING

Aplikasi edukatif akhir-akhir ini menjadi salah satu produk teknologi yang paling banyak dicari. Selama pemberlakuan PSBB di berbagai negara termasuk Indonesia, anak-anak dianjurkan untuk tetap berada di rumah. Artinya, mereka pun akan menjalani proses belajar dari rumah.

Bagi para orang tua, kondisi ini dapat menimbulkan kesulitan sendiri, terutama jika orang tua harus membagi waktu antara bekerja di rumah, dan menjaga pendidikan anak. Situasi hati anak yang cepat bosan, juga jadi tantangan tersendiri, karena waktu bermain dengan teman-temannya jauh berkurang.

ADVERTISING

Alhasil, akses terhadap gawai menjadi salah satu alternatif agar anak-anak dapat tetap terhibur di rumah. Masalahnya, tidak semua aplikasi yang tersedia, cocok untuk anak-anak.

Aplikasi Edukatif, Pilihan Menghabiskan Waktu Bersama Anak di Rumah

Oleh karena itu, orang tua harus bisa memilah-milah, aplikasi apa yang ramah anak. Lebih bagus lagi jika anak justru bisa bermain sambil belajar saat mengakses aplikasi tersebut. Maka, aplikasi edukatif jadi opsi utama.

ADVERTISING

Saat ini, banyak pengembang software yang menyediakan materi-materi penunjang pelajaran yang dikemas dalam bentuk aplikasi edukatif. Aplikasi semacam ini menyediakan permainan berbasis pelajaran, tentu dengan ilustrasi, video, dan musik yang menarik.

Ada banyak pilihan aplikasi edukatif yang bisa Anda pilih sesuai dengan usia anak Anda. Ingat, pendidikan yang tepat untuk anak adalah yang sejalan dengan perkembangan kondisi psikologis sesuai usia, dan setiap anak tentu berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Berikut adalah beberapa pilihan aplikasi edukatif yang menarik untuk anak-anak.

Toca Life World: Build Stories & Create Your World

Aplikasi Edukatif, Pilihan Menghabiskan Waktu Bersama Anak di Rumah

Toca Boca adalah salah satu perusahaan IT yang banyak mengeluarkan aplikasi edukatif untuk anak-anak berbagai usia. Salah satunya adalah Toca Life World: Build stories & create your world yang bisa diunduh untuk Android dan iOS.

Permainan ini cocok untuk anak-anak usia 6-12 tahun, di mana mereka dapat menciptakan karakter sesuai keinginan mereka sendiri, dan mengunjungi banyak tempat di seluruh dunia yang ada dalam permainan. Anak-anak juga dapat belajar mengembangkan cerita berdasar pilihan yang mereka buat.

Usia: 6-12 tahun

Biaya: Gratis

Tersedia di: Play Store, App Store

Pepi Super Store

Aplikasi Edukatif, Pilihan Menghabiskan Waktu Bersama Anak di Rumah

Pepi Super Store dikembangkan oleh Pepi Play, perusahaan yang juga mengeluarkan banyak permainan edukatif serupa. Dalam permainan ini, anak-anak akan diminta mengelola toko swalayan yang menjual berbagai produk, mulai dari makanan hingga pakaian. Mereka akan melayani para pelanggan yang datang untuk membeli barang.

Orang tua juga dapat mendampingi anak-anak bermain, sambil membahas jenis barang yang dijual dan para karakter yang datang sebagai pelanggan dengan kebutuhan yang berbeda-beda.

Usia: 3-7 tahun

Biaya: Gratis

Tersedia di: Play Store, App Store

Lightbot: Code Hour

Aplikasi Edukatif, Pilihan Menghabiskan Waktu Bersama Anak di Rumah

Jika Anda ingin mempelajari logika pemrograman dengan cara yang mudah dan menyenangkan, maka permainan ini cocok dijadikan pilihan. Lightbot: Code Hour merupakan aplikasi edukatif yang berbasis simulasi pemrograman. Karena tampilan dan cara menjalankannya sangat sederhana, aplikasi ini cocok dimainkan oleh anak-anak usia TK hingga dewasa.

Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengenalkan apa itu pemrograman, coding,  dan ilmu komputer pada anak sedari dini. Aplikasi edukatif ini difasilitasi dalam berbagai bahasa, termasuk Indonesia, sehingga Anda tidak akan kesulitan mengikuti arahan dalam permainan.

Yang lebih menyenangkan, tidak ada fitur pembelian dalam gim (in-app purchase), sehingga aplikasi ini aman dimainkan oleh anak-anak usia dini.

Usia: 5 tahun ke atas

Biaya: Gratis

Tersedia di: Play Store, App Store

YouTube Kids

Aplikasi Edukatif, Pilihan Menghabiskan Waktu Bersama Anak di Rumah

Tidak bisa dipungkiri, salah satu aplikasi paling favorit yang banyak digunakan banyak pengguna gawai adalah YouTube. Aplikasi yang khusus menampilkan video secara gratis ini memang dapat mengisi kekosongan waktu dan mengusir kebosanan. Sayangnya, dalam aplikasi YouTube reguler, konten yang tersedia banyak yang tidak cocok untuk anak-anak.

Oleh karena itu, jika Anda ingin membiarkan anak-anak mengakses video-video yang cocok untuk mereka, lebih baik gunakan YouTube Kids.

Aplikasi ini merupakan pecahan dari YouTube, yang konten-kontennya telah disaring khusus untuk anak-anak. Dari segi tampilan, YouTube Kids juga lebih berwarna, dan cara mengoperasikannya pun jauh lebih mudah. Fitur-fiturnya jauh lebih sederhana, di mana anak-anak hanya perlu menggeser atau mengetuk layar gawai untuk melihat video yang mereka sukai.

Untuk menjalankan aplikasi ini, YouTube Kids juga mewajibkan orang tua untuk mengisi formulir persetujuan dan memasukkan pin khusus, agar anak-anak tidak bisa mengakses secara sembarangan. Sebagai tambahan, orang tua juga dapat tetap memasang filter khusus untuk membatasi kategori video yang ditampilkan agar sesuai dengan preferensi orang tua.

Usia: 2-12 tahun

Biaya: Gratis

Tersedia di: Play Store, App Store

Setiap orang tua punya cara masing-masing untuk menghabiskan waktu bersama anak-anak. Meskipun aplikasi edukatif dapat digunakan sebagai alternatif, pembatasan waktu di depan layar komputer atau ponsel dapat diberlakukan sesuai dengan kondisi keluarga Anda. Yang terpenting, kesehatan mental anak juga harus tetap diperhatikan.

ADVERTISING