Aplikasi Pinjaman Online Terbaik, Aman dan Terdaftar di OJK

ADVERTISING

Aplikasi pinjaman online (pinjol) yang dikembangkan oleh berbagai perusahaan teknologi keuangan (fintech) semakin hari semakin banyak. Hal ini juga didukung dengan tingginya minat penggunaan aplikasi pinjol di kalangan pelaku bisnis, terutama dari kalangan millenial.

Hingga Maret 2020, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah mencatat 161 perusahaan fintech yang terdaftar. Padahal, di lapangan ada jauh lebih banyak aplikasi kredit yang menawarkan pinjaman online jangka pendek dengan iming-iming bunga rendah.

ADVERTISING

Kalau Anda ingin mengajukan pinjaman online melalui aplikasi fintech, pastikan bahwa nama perusahaan tersebut sudah terdaftar dan memiliki izin dari OJK, atau dikeluarkan secara resmi oleh bank. Dengan begitu, proses peminjaman uang Anda akan aman dan memiliki perlindungan hukum kalau nantinya timbul kendala.

Aplikasi Pinjaman Online Terbaik, Aman dan Terdaftar di OJK

Ada beberapa aplikasi pinjol yang mendapat penghargaan dan review terbaik dari para pengguna. Selain karena kredibilitas yang dijaga, juga karena kemudahan yang diberikan pada pengguna dalam melakukan pinjaman online.

ADVERTISING

Berikut adalah 4 aplikasi pinjaman online terbaik yang bisa Anda coba.

Tunaiku

Aplikasi Pinjaman Online Terbaik, Aman dan Terdaftar di OJK

Aplikasi pinjaman online tanpa jaminan/agunan ini dikeluarkan oleh Amar Bank. Karena dimiliki oleh bank, Tunaiku bukan masuk kategori P2P Lending OJK.

Tunaiku banyak digemari karena menawarkan pinjaman berjumlah besar dengan proses pengajuan yang mudah. Kelebihan lain yang dimiliki oleh Tunaiku adalah.

  • Jumlah pinjaman cepat cair: 2-20 juta
  • Masa Tenor: minimum tenor 6 bulan dan maksimum tenor 20 bulan
  • Bunga pinjaman rendah: 3% – 4%
  • Bunga maksimum per tahun (APR): 36% – 48%
  • Biaya administrasi pinjam tunai: Rp540.000

Contoh penghitungan kredit cepat di Tunaiku adalah sebagai berikut.

Jika Anda mengambil pinjaman 10 juta, dengan cicilan per bulan sebesar Rp1.167.960 – Rp1.276.210, maka total pembayaran pinjaman adalah Rp14.795.177 – Rp16.575.654.

Meskipun bunga ini relatif tinggi dibandingkan KTA Bank yang berkisar di 1-3% flat per bulan, jumlah ini masih lebih murah dari pinjaman online fintech yang memberikan bunga maksimal 0,80% per hari.

JULO

Aplikasi Pinjaman Online Terbaik, Aman dan Terdaftar di OJK

JULO berdiri sejak akhir tahun 2016 dan hingga saat ini telah melayani lebih dari 100.000 nasabah. Aplikasi pinjaman online ini menawarkan pinjaman mulai dari Rp500.000 hingga Rp8.000.000, dengan jangka waktu pelunasan pinjaman selama 61-180 hari atau 2-6 bulan. Bunga yang ditetapkan juga rendah, yaitu mulai dari 0,1% per harinya, sehingga tidak membebani para nasabah.

Simulasi cicilan pinjaman melalui JULO adalah sebagai berikut.

Jika Anda meminjam uang sebesar 8 juta, maka Anda dapat melakukan cicilan pembayaran per bulan sebesar Rp1,6 juta (6 bulan) atau Rp 1.9 juta (5 bulan). Sistem pembayaran cicilan pinjaman online JULO bisa dilakukan dengan berbagai cara, bisa melalui Virtual Account Bank BCA, Bank Permata, Maybank, maupun gerai ritel Alfamart dan Indomaret.

KTA DBS Digibank

Aplikasi Pinjaman Online Terbaik, Aman dan Terdaftar di OJK

Digibank by DBS merupakan produk pinjaman online dari PT. Bank DBS Indonesia. Aplikasi pinjol ini menawarkan kredit yang langsung cair dalam hitungan menit. Persyaratan yang diajukan pun cukup mudah, yaitu pinjaman dana tunai harus diajukan melalui aplikasi mobile banking digibank DBS ini. Anda bisa mengunduhnya secara gratis di Playstore.

Pinjaman online DBS ini adalah pinjaman dana dengan jaminan KTP, dengan persyaratan utama adalah wajib memiliki e-KTP. Jumlah pinjaman yang ditawarkan adalah Rp3.000.000 sampai dengan Rp30.000.000 dengan tenor 12 bulan, 24 bulan, dan 36 bulan.

Yang menarik, aplikasi ini juga memiliki fitur pembayaran kebutuhan harian, seperti pengisian saldo GoPay, OVO, dan e-Money, serta membeli pulsa isi ulang, membayar tagihan listrik, dan BPJS.

Kredit Pintar

Aplikasi Pinjaman Online Terbaik, Aman dan Terdaftar di OJK

Fintech ini menawarkan pinjaman online yang dapat langsung dicairkan dalam 24 jam. Pengajuan di Kredit Pintar wajib melalui aplikasi Android yang bisa diunduh di Playstore.

Persyaratan pengajuan juga cukup mudah, yaitu Warga Negara Indonesia dengan usia 18-55 tahun, punya pekerjaan atau penghasilan, memiliki KTP, dan nama pemilik rekening pencairan harus sama dengan nama yang tertera di KTP, serta berdomisili di Indonesia.

Kredit Pintar menawarkan 4 pilihan jumlah pinjaman online, yaitu.

  • Rp600.000 dan tenor 14 hari
  • Rp1.200.000 dan tenor 14 hari
  • Rp1.200.000 dan tenor 28 hari
  • Rp2.300.000 dan tenor 3 bulan

Pembayaran cicilan dapat dilakukan dengan transfer melalui ATM atau m-Banking (BCA, Mandiri, BRI, BNI), BluePay, dan semua cabang ALFA GROUP (Alfamart, Alfamidi, Alfa Express, Lawson, dan DAN + AND).

Jika Anda memerlukan kredit jangka pendek untuk mengatasi kesulitan keuangan, pastikan bahwa aplikasi pinjaman online yang Anda pilih sudah memiliki izin resmi dari OJK. Anda bisa mengecek daftar nama-nama fintech melalui situs resmi ojk.go.id. Berhati-hatilah membaca persyaratan yang diajukan sebelum memberikan persetujuan, agar Anda dapat terhindar dari penipuan oleh aplikasi pinjol abal-abal.

Disclaimer: Ada risiko tersendiri saat mengajukan dan menggunakan produk kredit. Pastikan Anda sudah membaca syarat dan ketentuan yang berlaku secara menyeluruh sebelum menyetujui apapun.

 

 

 

 

 

 

ADVERTISING