Aplikasi Pinjaman Online Terbaik, Aman dan Terdaftar di OJK

Aplikasi pinjaman online (pinjol) yang dikembangkan oleh berbagai perusahaan teknologi keuangan (fintech) semakin hari semakin banyak. Hal ini juga didukung dengan tingginya minat penggunaan aplikasi pinjol di kalangan pelaku bisnis, terutama dari kalangan millenial.

Kalau Anda ingin mengajukan pinjaman online melalui aplikasi fintech, pastikan bahwa nama perusahaan tersebut sudah terdaftar dan memiliki izin dari OJK, atau dikeluarkan secara resmi oleh bank. Dengan begitu, proses peminjaman uang Anda akan aman dan memiliki perlindungan hukum kalau nantinya timbul kendala.

IKLAN

Ada beberapa aplikasi pinjol yang mendapat penghargaan dan review terbaik dari para pengguna. Selain karena kredibilitas yang dijaga, juga karena kemudahan yang diberikan pada pengguna dalam melakukan pinjaman online. Berikut adalah 4 aplikasi pinjaman online terbaik yang bisa Anda coba.

Sumber Gambar: Wikipedia

Tunaiku

Sumber Gambar: Google Play

Aplikasi pinjaman online tanpa jaminan/agunan ini dikeluarkan oleh Amar Bank. Karena dimiliki oleh bank, Tunaiku bukan masuk kategori P2P Lending OJK.

IKLAN

Tunaiku banyak digemari karena menawarkan pinjaman berjumlah besar dengan proses pengajuan yang mudah. Kelebihan lain yang dimiliki oleh Tunaiku adalah.

  • Jumlah pinjaman cepat cair: 2-20 juta
  • Masa Tenor: minimum tenor 6 bulan dan maksimum tenor 20 bulan
  • Bunga pinjaman rendah: 3% – 4%
  • Bunga maksimum per tahun (APR): 36% – 48%
  • Biaya administrasi pinjam tunai: Rp540.000

Bunga dan Biaya Pinjaman Tunaiku

Contoh penghitungan kredit cepat di Tunaiku adalah sebagai berikut.

Jika Anda mengambil pinjaman 10 juta, dengan cicilan per bulan sebesar Rp1.167.960 – Rp1.276.210, maka total pembayaran pinjaman adalah Rp14.795.177 – Rp16.575.654.

IKLAN

Meskipun bunga ini relatif tinggi dibandingkan KTA Bank yang berkisar di 1-3% flat per bulan, jumlah ini masih lebih murah dari pinjaman online fintech yang memberikan bunga maksimal 0,80% per hari.

Terdapat juga biaya administrasi yang dibebankan kepada peminjam yaitu sebesar Rp.540.000. Aplikasi Tunaiku Bisa didapatkan di Google Play.

JULO

Sumber Gambar: Google Play

JULO berdiri sejak akhir tahun 2016 dan hingga saat ini telah melayani lebih dari 100.000 nasabah. Aplikasi pinjaman online ini menawarkan pinjaman mulai dari Rp500.000 hingga Rp8.000.000, dengan jangka waktu pelunasan pinjaman selama 61-180 hari atau 2-6 bulan.

Bunga yang ditetapkan juga rendah, yaitu mulai dari 0,1% per harinya, sehingga tidak membebani para nasabah. Simulasi cicilan pinjaman melalui JULO adalah sebagai berikut.

Jika Anda meminjam uang sebesar 8 juta, maka Anda dapat melakukan cicilan pembayaran per bulan sebesar Rp1,6 juta (6 bulan) atau Rp 1.9 juta (5 bulan). Sistem pembayaran cicilan pinjaman online JULO bisa dilakukan dengan berbagai cara, bisa melalui Virtual Account Bank BCA, Bank Permata, Maybank, maupun gerai ritel Alfamart dan Indomaret.

Bunga dan Biaya Pinjaman JULO

Anda akan dikenakan biaya provisi sebesar 7% dari jumlah pinjaman. Selain itu juga Anda akan dikenakan biaya keterlambatan jika telat dalam melakukan pembayaran.

Bunga yang dikenakan untuk pinjaman adalah sebesar adalah 6% sampai 7% per bulannya. Aplikasi JULO bisa Anda unduh gratis di Google Play.

KTA DBS Digibank

Sumber Gambar: Google Play

Digibank by DBS merupakan produk pinjaman online dari PT. Bank DBS Indonesia. Aplikasi pinjol ini menawarkan kredit yang langsung cair dalam hitungan menit. Persyaratan yang diajukan pun cukup mudah, yaitu pinjaman dana tunai harus diajukan melalui aplikasi mobile banking digibank DBS ini. Anda bisa mengunduhnya secara gratis di Playstore.

Pinjaman online DBS ini adalah pinjaman dana dengan jaminan KTP, dengan persyaratan utama adalah wajib memiliki e-KTP. Jumlah pinjaman yang ditawarkan adalah Rp3.000.000 sampai dengan Rp30.000.000 dengan tenor 12 bulan, 24 bulan, dan 36 bulan.

Yang menarik, aplikasi ini juga memiliki fitur pembayaran kebutuhan harian, seperti pengisian saldo GoPay, OVO, dan e-Money, serta membeli pulsa isi ulang, membayar tagihan listrik, dan BPJS.

Bunga dan Biaya Pinjaman KTA DBS Digibank

Bunga untuk pinjaman KTA DBS Digibank adalah sebesar 0,88% per bulan. Biaya tahun ke 1 dikenakan 1,75% dari jumlah pinjaman dan biaya administrasi Rp.399.000.

Denda keterlambatan dikenakan 6% atau mininal Rp.250.000 dari cicilan bulanan. Aplikasi KTA DBS Digibank bisa didapatkan di Google Play.

Kredit Pintar

Sumber Gambar: Google Play

Aplikasi Android yang dapat diunduh di Playstore diperlukan untuk mengajukan Kredit Pintar, yang menawarkan pinjaman online yang dapat dicairkan langsung dalam 24 jam.

Persyaratan pengajuan sangat mudah. Seseorang harus warga negara Indonesia berusia 18 hingga 55 tahun, memiliki pekerjaan atau penghasilan, memiliki KTP dan nama pemilik rekening pencairan harus sama dengan nama yang tertera di KTP, dan tinggal di Indonesia. Kredit Pintar menawarkan empat opsi untuk jumlah pinjaman yang dapat diambil secara online, yaitu.

  • Rp600.000 dan tenor 14 hari
  • Rp1.200.000 dan tenor 14 hari
  • Rp1.200.000 dan tenor 28 hari
  • Rp2.300.000 dan tenor 3 bulan

Pembayaran cicilan dapat dilakukan dengan transfer melalui ATM atau m-Banking (BCA, Mandiri, BRI, BNI), BluePay, dan semua cabang ALFA GROUP (Alfamart, Alfamidi, Alfa Express, Lawson, dan DAN + AND). Jika Anda memerlukan kredit jangka pendek untuk mengatasi kesulitan keuangan, pastikan bahwa aplikasi pinjaman online yang Anda pilih sudah memiliki izin resmi dari OJK.

Anda bisa mengecek daftar nama-nama fintech melalui situs resmi ojk.go.id. Berhati-hatilah membaca persyaratan yang diajukan sebelum memberikan persetujuan, agar Anda dapat terhindar dari penipuan oleh aplikasi pinjol abal-abal.

Bunga dan Biaya Pinjaman Kredit Pintar

Anda akan dikenakan bunga pinjaman Kredit Pintar yang berkisar 11% per tahunnya. Terdapat juga biaya pinjaman awal sekitar 5% sampai 11% dari total kredit.

Terdapat juga biaya keterlambatan 1% per hari yang akan dibebankan jika Anda tidak membayar tepat waktu. Aplikasi Kredit Pintar bisa Anda unduh gratis di Google Play.

Cara Mengajukan Pinjaman Online Melalui Aplikasi

Anda harus mengunduh aplikasi pinjaman online di ponsel terlebih dahulu. Kemudian isilah data diri Anda serta penuhi persyaratan yang diminta. Tentukan juga jumlah pinjaman yang dibutuhkan.

Pihak pemberi pinjaman online akan melakukan pemeriksaan data, kemudian jika Anda layak menerima pinjaman, maka dana akan langsung di transfer ke rekening.

Informasi Kontak Kredit Pintar

Jika Anda ingin mengetahui seputar Kredit Pintar di District 8 Treasury Tower lt 53 SCBD Lot 28 Jl. Jend Sudirman Kav 52-54 Senayan, Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Anda juga bisa bertanya melalui telepon ke nomor (+62)21-50598882 atau melalui email ke [email protected].

Kesimpulan

Aplikasi pinjaman online merupakan alternatif yang bisa Anda pilih jika memerlukan dana cepat. Anda bisa pilih salah satu aplikasi di atas sebagai solusi keuangan Anda.

Untuk mengajukan pinjaman online, Anda harus mengisi data lengkap di aplikasi. Proses pengajuannya juga relatif lebih mudah karena hanya melalui ponsel Anda. 

Disclaimer: Ada risiko tersendiri saat mengajukan dan menggunakan produk kredit. Pastikan Anda sudah membaca syarat dan ketentuan yang berlaku secara menyeluruh sebelum menyetujui apapun.