Aplikasi Game Offline di HP Anda

Bayangkan bila Anda sedang bosan menunggu dan ingin sekali bermain game. Namun sinyal internet di tempat Anda sangat buruk. Game online di HP Anda tidak bisa tersambung ke internet.

Pada saat itulah Anda membutuhkan aplikasi game offline di HP Anda. Di saat hampir semua game membutuhkan jaringan internet dan multiplayer, game offline tetap memiliki keunggulannya sendiri.

IKLAN

Lalu game seru apa saja yang bisa dimainkan tanpa koneksi internet? Nah, dalam artikel ini Anda akan menyimak beberapa rekomendasi aplikasi dan game untuk dimainkan secara offline.

Alto’s Odyssey

Alto’s Odyssey adalah sebuah permainan j“endless runner” dengan visual yang cantik dan musik yang santai. Dengan kontrol yang sederhana, Anda dapat melompat dan berselancar menelusuri dunia Alto.

Apabila Anda kalah, Anda dapat dengan mudah mengulang permainan. Game ini adalah satu dari sedikit game offline yang bisa diunduh gratis di Google Play atau diunduh di AppStore seharga $4,99.

IKLAN

Asphalt 8: Airborne

Seri game balapan mobil Asphalt yang terbaru adalah Asphalt 9: Legends, tapi sayangnya game ini tak bisa dimainkan secara offline. Untunglah ada Ashpalt 8: Airborne yang bisa dimainkan tanpa koneksi internet.

Meski satu seri lebih lawas, Asphalt 8 memiliki grafik yang tak kalah dengan Asphalt 9. Gameplay pada seri kedelapan ini lebih terfokus pada aksi-aksi akrobatik di udara dan pengendalian manual yang membutuhkan skill.

Ashpalt 8: Airborne dapat diunduh secara gratis melalui Google Play atau Apple AppStore. Selain fitur yang membutuhkan jaringan internet, game ini juga memiliki pembelian tambahan atau in-app purchase (IAP), meskipun dapat dimainkan secara offline.

The Room: Old Sins

The Room: Old Sins merupakan game terbaru dari seri game teka-teki terkenal The Room. Dalam game ini, Anda akan menyelidiki kasus menghilangnya seorang insinyur jenius.

Anda akan menyelidiki loteng rumahnya dan sebuah rumah boneka yang misterius. Untuk itu, Anda harus kreatif menggunakan berbagai fungsi pada layar sentuh Anda.

The Room: Old Sins dapat diunduh dengan harga Rp.80.000,- di Google Play atau di Apple AppStore. Meski harus menguras kocek Anda di awal, tapi selanjutnya Anda tidak akan diganggu oleh iklan maupun IAP dan bisa bermain secara offline.

Crossy Roads

Terkadang, untuk mengisi waktu luang, Anda tidak ingin dibuat pusing dengan game yang rumit dan berat. Kalau begitu, Anda perlu mengunduh game offline sederhana seperti Crossy Roads. Crossy Roads adalah game aksi sederhana yang mengingatkan pada game klasik Frogger.

Anda akan mengendalikan seekor ayam kecil untuk menyeberang jalan. Dengan grafik retro dan warna-warna cerah, Crossy Roads merupakan game untuk keluarga.

Game ini dapat diunduh secara gratis di Google Play dan Apple App Store. Meskipun game dapat dimainkan secara offline tanpa internet, Anda harus memiliki koneksi internet untuk memanfaatkan fitur tambahan seperti pembelian dalam aplikasi.

Aplikasi Emulator Game

Selain beberapa contoh game yang sudah dibahas di atas, Anda juga bisa memainkan game offline melalui aplikasi emulator. Dengan emulator, Anda bisa memainkan game Nintendo DS, Gameboy Advance, PSP, dan konsol-konsol lainnya di HP Anda.

Perlu diingat bahwa emulator tidak berisi game yang dapat Anda mainkan. Untuk game-nya sendiri, Anda harus meng-copy dari sumber yang Anda peroleh secara legal. Berikut beberapa aplikasi emulator yang cukup stabil digunakan di HP Anda.

A. My Boy! GBA Emulator

My Boy! merupakan aplikasi untuk memainkan game Gameboy Advanced (GBA) di HP Anda. Dengan aplikasi ini, Anda dapat memainkan ratusan game dari perangkat handheld klasik GBA, termasuk game legendaris seperti Pokemon dan Zelda.

Dibandingkan emulator sejenis, My Boy! sangat stabil, meskipun HP Anda bukan HP gaming canggih, Aplikasi ini tersedia untuk HP Android secara gratis di Google Play.

Apabila Anda pengguna iPhone, ada alternatif lain untuk Anda, misalnya GBA4iOS.

B. Drastic DS Emulator

Drastic DS Emulator merupakan emulator untuk Nintendo DS (bukan 3DS), konsol handheld yang terkenal karena layarnya yang terbagi dua.

Emulator ini cukup stabil untuk memainkan banyak game NDS, misalnya Pokemon Black & White, Mario Kart DS, atau Phoenix Wright; Ace Attorney.

Emulator ini dapat dibeli Google Play seharga $4,99 atau sekitar Rp.73 ribu. Meskipun tidak gratis, aplikasi ini memungkinkan Anda memainkan game NDS Anda menggunakan HP dengan fitur khusus seperti save & load state.

C. PPSSPP

Apabila Anda ingin memainkan game handheld yang lebih modern, Anda bisa mencoba PPSSPP, yaitu emulator untuk Playstation Portable (PSP). Emulator ini cukup stabil, meskipun untuk bermain game berat seperti God of War akan sangat tergantung dengan spek HP Anda.

PPSSPP dapat diunduh gratis di Google Play. Bila Anda ingin mendukung pengembanganya, Anda juga bisa mengunduh versi Gold seharga $4,99 atau sekitar Rp.73 ribu.

Sekarang Anda sudah mengetahui beberapa aplikasi dan game yang dapat menemani Anda meski tak ada koneksi internet. Masih banyak game offline lain yang dapat Anda temukan di Google Play maupun Apple App Store.

Seperti yang mungkin telah Anda sadari, tidak banyak game offline penuh yang dapat diunduh gratis, karena tanpa adanya jaringan internet akan sulit memonetisasi game menggunakan IAP atau iklan.

Meski begitu, beberapa game online ternyata juga dapat dimainkan secara offline meski dengan fitur yang lebih terbatas. Selamat bermain!