Harga Samsung Grand Duos dan Spesifikasi Terbaru Juli 2019

harga samsung galaxy grand duos dan spesifikasi terbaru

Harga Samsung Grand Duos – Kali ini kita akan membahas tentang spesifikasi Samsung Grand Duos. Smartphone yang rilis sejak tahun 2013 ini ternyata masih sangat diminati meskipun sudah banyak smartphone samsung keluaran terbaru. Hal tersebut memang bukan tanpa alasan, Grand Duos memiliki kelebihan di golongan smartphone keluaran lama sehingga masih menjadi favorit bagi kalangan menengah ke bawah. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih lengkap tentang Samsung Galaxy Grand Duos, langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

IKLAN

Spesifikasi dan Harga Samsung Grand Duos l9082 Terbaru

Harga  –
 Bekas Rp. 900.000
Rilis Januari 2013 (Discontinued)
Platform
Chipset
CPU Dual-core 1.2 GHz Cortex-A9
GPU Broadcom VideoCore IV
RAM 1 GB RAM
Storage 8 GB
OS Android 4.1.2 (Jelly Bean), upgradable to 4.2.2 (Jelly Bean); TouchWiz UI
Bodi
Dimensi 143.5 x 76.9 x 9.6 mm
Berat 162 g
Layar TFT 5.0 inci (480 x 1800 piksel), rasio 5:3
Proteksi
Baterai Removable Li-Ion 2100 mAh battery
Warna Black, White
Kamera Depan
Single 2 MP
Fitur
Video
Kamera Belakang
Single 8 MP, f/2.7 AF
Fitur LED flash
Video 1080p@30fps, stereo sound rec.
Konektivitas
SIM Dual SIM (Mini-SIM, dual stand-by)
Jaringan GSM/HSPA
Dukungan 3G
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, hotspot, DLNA
Bluetooth 4.0, A2DP, EDR, LE
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS
NFC
Port 3,5mm Yes
USB microUSB 2.0
Lainnya
Radio FM Radio
Sensor Accelerometer, gyro, proximity, compass
Cek Harga HP Samsung Terbaru

Body Samsung Grand Duos

Spesifikasi Samsung Grand Duos yang akan dibahas pertama yaitu tentang body nya. Samsung grand duos yang juga diketahui sebagai Samsung Galaxy Grand Duos GT-i9082 ini bentuknya hampir mirip dengan Samsung Galaxy S III mini tapi dengan ukuran yang lebih besar. Ukurannya termasuk pas di tangan orang dewasa karena panjangnya 143,5 mm dan lebar 76,9 mm. Untuk tebalnya hanya 9,6 mm dengan berat 162 gram.

Bodi nya pun menggunakan plastik glossy yang sama seperti produk-produk Samsung Galaxy keluaran lama. Di sudut kanan layar smartphone terdapat logo tulisan duos yang menandakan produk ini unggul di bagian dual prosesor dan dual SIM nya. Untuk jack audio 3.5 mm terletak di bagian atas smartphone. Seperti ponsel Samsung pada umumnya, tombol power juga terletak di bagian kanan dan volume di bagian kiri ponsel. Untuk port micro USB atau untuk charger, terletak pada bagian bawah ponsel. Ada juga tombol home fisik yang berada di layar touchscreen.

IKLAN

Layar Samsung Galaxy Grand Duos

Layar yang digunakan yaitu layar tipe TFT capasitive touchscreen dengan 16 juta warna. Ukurannya 5.0 inci dengan resolusi sebesar 480 x 800 piksel. Densitas layar 187 piksel per inci dan rasio 5:3. Layar termasuk multitouch sehingga sangat mendukung game yang bermainnya harus menggunakan banyak jari. Sayangnya ketajaman dan kejelasan gambar pada layar grand duos tergolong kurang.

Namun grand duos dibekali sensor ambient light sehingga pengaturan cahayanya bisa otomatis dan masih terlihat jelas saat digunakan di bawah sinar matahari. Untuk tombol menu dan back menggunakan tombol touchscreen yang terletak di bawah, mengapit tombol fisik home. Spesifikasi Samsung Galaxy duos bagian layar ini memang banyak dicari karena banyak orang yang mendapatkan informasi tentang lebarnya layar samsung grand duos.

Platform Samsung Grand Duos

Sistem operasi yang digunakan yaitu Android 4.1.2 Jelly Bean yang kemudian diupgrade ke Android 4.2.2 Jelly Bean. Antar muka nya dihiasi TouchWiz UI. Tampilan saat posisi layar terkunci pun sama seperti smartphone samsung galaxy lainnya, dimana pengguna bisa memilih 3 shortcut yang sering digunakan. Ada juga efek permukaan air ketika jari menyentuh layar. Di homescreen, anda juga bisa menambahkan halaman hingga berjumlah tujuh dengan pilihan easy mode atau basic mode.

IKLAN

Untuk prosesor nya menggunakan prosesor dual core dengan kecepatan 1.2 GHz. Prosesor yang digunakan ini dikatakan lebih unggul daripada galaxy SIII. Sedangkan untuk pemrosesan grafis menggunakan Broadcom VideoCore IV. Bagi anda yang tidak membutuhkan CPU dan GPU tingkat tinggi, samsung grand duos bisa dijadikan pilihan tepat.

Memori Samsung Grand Duos

Spesifikasi Samsung Grand Duos yang akan dibahas selanjutnya yaitu tentang memori yang disediakan. Jadi Grand Duos dibekali dengan RAM sebesar 1 GB. Untuk penyimpanan internal besarnya 8 GB. Sudah cukup besar bukan? Jangan membandingkan dengan smartphone samsung galaxy terbaru karena tentu sangat besar perbedaanya. Bandingkan saja dengan harganya saat ini. Memori tersebut sudah termasuk besar dan sebanding dengan harga yang kini ditawarkan. Apabila memori tersebut dirasa kurang, anda bisa melengkapinya dengan penggunaan microSD. Grand Duos mendukung microSD yang kapasitasnya hingga 32 GB.

Kamera Samsung Grand Duos

Kamera samsung galaxy grand duos resolusinya sudah termasuk besar yaitu 8 MP dengan f/2.7. Kamera dilengkapi pula dengan fitur LED flash, auto focus, continous shot, smile shot, dan panorama mode. Bisa juga untuk merekam video dengan resolusi hingga 1080p @ 30 fps. Tersedia juga kamera depan dengan resolusi 2 MP. Resolusi yang disediakan ini sudah lumayan dan pas bagi mereka yang sekedar ingin mengabadikan gambar tanpa memperhatikan detail lainnya.

Konektivitas, Sensor, dan Baterai Grand Duos

Spesifikasi Samsung Grand Duos selanjutnya tentang konektivitas dan sensor yang tersedia. Jadi salah satu keunggulan Grand Duos itu adalah bisa digunakan untuk dual SIM dimana keduanya mendukung jaringan GPRS, EDGE, HSDPA. Namun sayang belum mendukung jaringan 4G LTE.  Untuk WiFi dibekali WiFi 802.11 a/b/g/n, dual band, hotspot, dan DLNA. Bluetooth menggunakan versi 4.0, A2DP, EDR, LE.

Sensor yang tersedia antara lain sensor accelerometer, proximity, gyro, dan compass. GPS nya A-GPS, GLONASS.  Sementara untuk baterai, Samsung Galaxy Grand Duos GT-i9082 menggunakan removable Li-Ion yang berkapasitas 2100 mAh. Saat uji coba penggunaan, dalam keadaan stand by baterai bisa bertahan hingga 440 jam dan bertahan selama 10 jam 10 menit untuk telepon.

Fitur Unggulan Samsung Grand Duos

Kini akan kita bahas spesifikasi Samsung Grand Duos bagian fitur unggulan. Jadi fitur yang diunggulkan dalam grand duos yaitu S voice, samsung cloud, motion, grup play, dan multiwindow. Samsung cloud dihadirkan untuk menjamin keamanan data penting yang anda miliki. Multiwindow membuat dua aplikasi bisa berjalan di waktu yang sama. S-Voice membuat pengguna bisa menggunakan suara untuk melakukan perintah tertentu.

Ada juga S-Planner dan S-Memo yang bisa memudahkan anda. Untuk motion, akan memudahkan anda menelepon kontak nomor yang tertera di layar hanya dengan mengangkat smartphone dan menempelkan ke telinga.  Sedangkan Group Play mampu membuat anda berbagi ke perangkat lain asalkan terhubung pada jaringan yang sama.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Grand Duos

Setelah mengetahi rincian atau spesifikasi Samsung Grand Duos di atas, anda tentu paham apa kelebihan dan kekurangannya dibanding produk smartphone lain. Bagi yang belum paham juga,  penjelasan di bawah ini mungkin dapat membantu.

Kelebihan

  1. Desainnya menarik, seperti Samsung Galaxy SIII jadi terlihat cukup mewah.
  2. Layarnya cukup lebar yaitu 5 inci sehingga bisa puas saat menggunakan
  3. Menggunakan prosesor dual core 1.2 GHz
  4. Dibekali dengan pemutar multimedia yang fiturnya cukup menarik
  5. Bisa digunakan untuk Dual SIM

Kekurangan

  1. Meskipun layarnya lebar, ketajaman dan kejelasan gambar masih kurang
  2. Belum dibekali NFC
  3. Belum mendukung jaringan 4G LTE karena termasuk smartphone keluaran lama

Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa fitur Galaxy Grand Duos tidak sebagus smartphone samsung galaxy keluaran terbaru tapi untuk ukuran smartphone keluaran lama, fiturnya sudah termasuk sangat bagus. Apalagi jika dibandingkan dengan harganya, anda bisa mendapatkan smartphone yang bagus dengan harga yang cukup murah. Sekian penjelasan tentang spesifikasi dan harga Samsung Grand Duos, semoga bisa bermanfaat.