Harga Samsung Galaxy Grand Prime dan Spesifikasi Juli 2019

Harga Samsung Galaxy Grand Prime – Samsung Grand prime memang bukan salah satu produk terbaru Samsung tapi peminatnya masih cukup banyak. Smartphone Samsung tipe satu ini memiliki banyak keunggulan meskipun sudah hampir lima tahun beredar di pasaran. Bahkan versi upgrade nya yaitu grand prime plus tidak membuat para peminat grand prime membatalkan keinginan untuk membelinya. Jika anda termasuk salah satu penggemar samsung grand prime, ulasan spesifikasi grand prime di bawah ini mungkin bisa menambah informasi anda.

Samsung Grand Prime sudah tersedia sejak Oktober 2014. Bahkan produk yang lebih baru yaitu Samsung Grand Prime Plus hadir di tahun 2015. Pada masa rilisnya, smartphone grand prime sangat banyak diminati karena menawarkan banyak fitur menarik. Memang apa saja fitur menariknya? Yuk simak rinciannya di bawah ini.

IKLAN

samsung galaxy grand prime

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Grand Prime

Spesifikasi Samsung Galaxy Grand Prime SM-G530H
PELUNCURAN
Status Rilis 2014, Tersedia di Indonesia
JARINGAN KOMUNIKASI PADA SMARTPHONE
Teknologi
SIM
Koneksi
GSM / HSPA / LTE
Single SIM (Micro-SIM) or Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
4G, 3G, 2G, GPRS, Edge
DESAIN PRODUK
Dimensi
Berat
Material
Pilihan Warna
Body
144.8 x 72.1, Ketebalan 8.6 mm
156 gram
Plastic Body
White, Gray, Gold
Plastic Body
LAYAR PONSEL
Jenis
Ukuran
Resolusi
Kerapatan Piksel
TFT, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
5.0 inch
540 x 960 pixels
~220 ppi density
DAPUR PACU
Sistem Operasi
Chipset
CPU
GPU
RAM
Android 4.4.4 (KitKat), upgradable to 5.0.2/5.1.1 (Lollipop)
Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
Adreno 306
RAM 1 GB
PENYIMPANAN (MEMORY)
Internal
Ekspansi
8 GB
microSD, up to 64 GB
KAMERA
Resolusi
LED Flash
Video
Fitur
Dual lensa: 8 MP, AF, f/2.4 + 5 MP, f/2.2 (Selfie)
Ada
1080p@30fps
LED flash, panorama
BATERAI
Jenis
Kapasitas
Pengisian Cepat
Removable
2600 mAh (Li-ion)
KONEKTIVITAS
Wi-Fi
Bluetooth
USB
NFC
GPS
Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
4.0, A2DP
microUSB 2.0
Ya , G530F, G530FZ models)
A-GPS, GLONASS, BDS
FITUR LAINNYA
Fingerprint
Sensor
3.5mm jack
Loudspeaker

Accelerometer, proximity, compass
Ya
Ada
Harga Samsung Galaxy Grand Prime
Harga Baru

Harga Bekas

IKLAN

Rp. 800.000
Jangan lupa lihat: Daftar Harga Hp Samsung Terbaru !!

Jaringan

Meskipun termasuk salah satu smartphone keluaran 2014, Samsung Grand Prime sudah mendukung jaringan 4G LTE.  Grand Prime juga bisa digunakan untuk dual sim. Keseluruhan jaringan yang didukung yaitu 2G GSM, 3G HSDPA, dan 4G LTE. Kecepatannya HSPA LTE Cat4 150/50 Mbps. Bagi anda yang mencari smartphone 4G dengan harga miring, maka samsung grand prime bisa dijadikan salah satu solusi.

Bodi

Saat dirilis dulu Samsung Grand Prime tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu putih, gray, dan gold. Untuk ukurannya, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil pula. Panjangnya 144.8 mm dan lebarnya 72.1 mm. Samsung Galaxy Grand Prime juga tidak terlalu tebal karena tebalnya hanya 8.6 mm dengan berat 156 gram. Casing nya terbuat dari plastik seperti smartphone samsung menengah lainnya.

IKLAN

Untuk tombol perintah sama dengan tombol pada smartphone samsung kebanyakan yaitu tombol power di sisi kanan, tombol volume di sisi kiri, jack audio 3.5 mm di sebelah atas, dan USB atau tempat pengisian daya di bagian bawah. Tombol home, back, dan menu berada di bawah layar. Untuk tombol home berupa tombol fisik sedangkan tombol back dan menu berupa tombol touchscreen.

Layar

Spesifikasi HP Samsung Grand Prime selanjutnya adalah informasi tentang layarnya. Grand Prime menggunakan layar touchscreen dengan tipe TFT kapasitif. Kedalaman warnanya hingga 16 juta warna. Ukuran layar sendiri yaitu 5 inci dengan resolusi 540 x 960 piksel. Densitas nya 220 piksel per inci dengan rasio 16:9. Layar Grand prime ini tergolong bagus dibanding seri galaxy grand lainnya seperti grand neo dan grand duo.

Platform

Sistem operasi yang digunakan Grand Prime sudah Android 4.4.4. Kit Kat dan bisa diupgrade ke Android 5.1.1 Lollipop. Memang kini sudah jamannya Android Oreo dan Pie, tapi pengguna android KitKat dan Lollipop masih banyak. Sebagian besar aplikasi baru juga masih bisa menggunakan OS Android Lollipop.

Grand Prime menggunakan Chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 dan Spreadtrum SC7730 untuk value edition. Sementara central prosesor nya menggunakan Quad Core yang kecepatannya hingga 1.2 GHz, untuk value edition menggunakan Quad core 1.3 Ghz Cortex A7. Bagian grafis menggunakan Adreno 306 dan Mali 400 untuk value edition nya. Sudah masuk golongan yang cukup bagus bukan?

Memori

Galaxy Grand Prime dibekali memori internal sebasar 8 GB dan RAM sebesar 1 GB. Untuk memori eksternal nya, mendukung penggunaan microSD yang kapasitasnya hingga 64 GB. Memori internal yang disediakan tersebut cukup besar, anda bisa puas menyimpan apa saja. Apabila merasa kurang ya tinggal membeli microSD ukuran 64 GB, apabila hanya untuk menyimpan foto dan video, pasti akan sisa banyak ruang.

Kamera

Spesifikasi HP Samsung Grand Prime yang akan dibahas selanjutnya tentang kamera. Kamera belakang Grand Prime sudah 8 MP dengan f/2.4. Kamera belakang ini sudah dilengkapi dengan LED flash dan fitur lain seperti auto focus serta mode panorama. Kamera utama pun bisa merekam video dengan resolusi 1080p@30fps.

Apabila anda pecinta selfie atau wefie, anda juga tidak perlu khawatir karena sudah dilengkapi dengan kamera depan yang resolusinya sudah 5 MP dengan f/2.2. Kamera depan juga bisa merekam video dengan resolusi bagus jadi sangat pas bagi anda yang suka melakukan video call atau melakukan video selfie.

Konektivitas dan Sensor

Samsung Grand Prime dilengkapi dengan Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot, dan Wi-Fi direct. Sementara bluetooth nya menggunakan versi 4.0 A2DP. Sudah ada GPS dengan GLONASS, A-GPS, BDS. Sudah ada NFC juga. Bagi yang masih suka mendengarkan radio tenang saja karena tersedia radio FM. Untuk slot USB nya tersedia slot microUSB 2.0. Galaxy Grand Prime juga dibekali sensor accelerometer, compass, dan proximity.

Baterai

Spesifikasi HP Samsung Grand Prime selanjutnya adalah membahas bagian baterai. Baterai pada Grand Prime yaitu baterai removable Li-Ion yang kapasitasnya 2600 mAh. Baterai tersebut dapat bertahan 17 jam untuk telepon dengan sinyal 3G dan bisa bertahan selama 75 jam jika hanya digunakan untuk mendengarkan musik.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Grand Prime

Setelah membahas spesifikasi Samsung Grand Neo Plus, kini kita akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan agar menjadi bahan pertimbangan anda saat memutuskan apakah ingin membeli grand prime ataukah tidak. Langsung saja, ini dia kelebihan dan kekurangan yang dimaksud.

Kelebihan

Kelebihannya cukup banyak, yang diantaranya adalah

  1. Sudah mendukung jaringan 4G LTE sehingga anda bisa mengakses internet dengan kecepatan maksimal
  2. Bisa untuk dua SIM card dengan ukuran micro SM
  3. Kapasitas memori internal tergolong besar yaitu 8 GB dan memori eksternal hingga 64 GB
  4. Resolusi kamera belakang tergolong cukup besar yaitu 8 MP dengan tambahan fitur auto focus dan LED flash
  5. Bisa mengambil potret diri dengan baik karena resolusi kamera depan sudah 5 MP
  6. Bisa diupgrade ke OS Android 5.1.1 Lollipop jadi cukup sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini
  7. Baterai memiliki daya tahan yang cukup lama
  8. Seperti smartphone samsung tipe lainnya, grand prime termasuk tahan banting jadi tidak langsung rusak dan masih bisa dipakai meskipun terjatuh.

Kekurangan

Kekurangannya mungkin bisa anda analisis dari spesifikasi HP Samsung Grand Prime di atas. Bagi yang enggan menganalisis, berikut kelemahannya

  1. Layar masih menggunakan tipe TFT capacitive touchscreen dengan resolusi 540 x 960 piksel sehingga ketajaman warnanya masih kurang. Kejelasan gambar tidak sebagus layar samsung galaxy keluaran terbaru.
  2. Kapasitas RAM nya hanya 1 GB

Semua memang ada kelebihan serta kekurangannya. Dari penjelasan di atas smartphone Samsung Grand Prime memiliki banyak kelebihan dibanding kekurangannya. Namun kekuarangannya masih bisa diatasi jika anda tidak terlalu mempedulikan ketajaman warna gambar serta kapasitas RAM. Demikian penjelasan tentang spesifikasi HP Samsung Grand Prime, semoga bisa anda jadikan bahan pertimbangan saat ingin membeli smartphone samsung grand prime.