Cara Root HP OPPO Semua Tipe Tanpa PC

Cara root HP Oppo – kali ini dibahas karena banyaknya orang yang ingin melakukan root HP. Alasannya pun beraneka ragam seperti ingin membuang aplikasi bawaan yang tidak digunakan, ingin kinerja samrtphone lebih cepat, ingin menginstall aplikasi khusus, dan masih banyak alasan lainnya. Apabila anda termasuk salah satu pengguna OPPO yang ingin melakukan root, cara di bawah ini mungkin dapat membantu.

Sebelum membahas tentang cara root HP OPPO, disarankan untuk unlock bootloader terlebih dahulu karena beberapa model HP OPPO biasanya tipe bootloader nya masih di lock, jadi harus diunlock. Namun anda boleh melewati proses ini jika merasa tidak perlu. Bagi yang ingin lanjut unlock bootloader, berikut caranya.

Daftar Isi

Loading...

Cara Unlock Bootloader HP Oppo

  1. Menyiapkan hal yang diperlukan untuk unlock bootloader seperti PC atau laptop, kabel data atau USB, download ADB dan fastboot tools, download driver USB Oppo.
  2. Mengekstrak ADB dan fastboot tools. Biasanya hasil download an dalam bentuk .rar atau .zip jadi perlu diekstrak.
  3. Menginstall driver USB OPPO yang telah didownload
  4. Mengaktifkan USB debugging dan juga OEM Unlock pada HP OPPO (bisa USB debugging saja jika OEM tidak ada). Cara mengaktifkannya yaitu dengan membuka setting > about phone > cari tulisan ‘build number’ lalu tap sebanyak 7 kali hingga muncul tulisan ‘you are now developer’ atau tulisan serupa lainnya > kembali ke menu setting/pengaturan > cari menu baru developer option atau pilihan pengembang > klik > pilih OEM unlocking lalu aktifkan
  5. Membuka folder ADB dan fastboost yang sebelumnya telah diekstrak, lalu tekan tombol shift pada keyboard dan klik kanan mouse secara bersamaan. Nanti akan muncul tampilan, nah pilih ‘open command window here’
  6. Setelah diklik, command line ADB akan muncul dan tampilannya seperti CMD.
  7. Hubungkan HP Oppo anda ke PC atau laptop dengan kabel USB
  8. Setelah itu ketikkan ‘adb advices’ untuk cek apakah hp oppo anda sudah terhubung dengan PC.
  9. Jika sudah terbukti trehubung, ketik lagi ‘adb reboot bootloader’ sehingga HP akan otomatis reset sendiri lalu masuk ke mode fast boot
  10. Setelah itu ketik lagi ‘fastboot oem unlock’, dan jika gagal ketik ‘fastbot oem unlock-go’. Keberhasilan ditandai dengan munculnya tulisan ‘finished’.
  11. Apabila sudah, ketik lagi ‘fastboot reboot’ dan enter untuk membuat HP restart lalu balik ke mode normal.
Baca Juga :   Bagaimana Cara Mengatasi HP Android Yang Lemot?

Cukup mudah kan caranya? Apabila anda merasa tidak perlu menggunakan cara ini, maka anda bisa melewatinya dan langsung menuju ka cara di bawah ini.

Beberapa Cara Root HP Oppo Semua Tipe

1. Cara Root HP OPPO dengan Framaroot

Setelah unlock bootloader, anda bisa mulai root HP OPPO. Cara yang pertama yaitu root menggunakan framaroot. Framaroot merupakan salah satu aplikasi untuk root yang bisa digunakan untuk root HP tipe apa saja, termasuk HP OPPO. Untuk menggunakan framaroot,  anda harus mengunduh terlebih dahulu. Berikut cara lengkapnya.

cara root hp oppo semua tipe dengan framaroot

*sumber:www.framaroot-app.com

  1. Memastikan terlebih dahulu resiko yang diperoleh jika anda melakukan root HP. Apabila anda hanya iseng maka pertimbangkan lagi tapi jika memiliki alasan khusus maka boleh dilanjutkan.
  2. Memastikan ponsel anda baru dan belum pernah di root karena kadang ponsel yang tidak baru pernah diroot oleh pemilik yang sebelumnya.
  3. Mendownload aplikasi framaroot versi terbaru di playstore atau jika tidak menemukan, anda bisa searching di google tapi hati-hati jangan sampai salah download aplikasi yang ada virusnya.
  4. Cara root HP OPPO selanjutnya adalah dengan menginstal framaroot yang telah didownload. Jika tidak bisa diinstall, ubah dahulu di pengaturan, klik setting > lock screen and security > ‘ijinkan aplikasi tidak dikenal’ atau ‘uknown sources’ lalu centang atau pilih yes.
  5. Jika framaroot sudah diinstall dan bisa dibuka, nanti akan ada pilihan agar memilih eksekusi setelah diroot, anda bisa memilih Instaal SuperSU. Ada juga pilihan antara borormir dan faramir, anda pilih boromir.
  6. Anda tinggal menunggu hingga proses rooting selesai. Root berhasil jika muncul notifikasi succes root. Apabila berhasil, anda bisa langsung merestart ponsel OPPO anda. Kemudian lihat di menu dekstop, apakah ada aplikasi SuperSU atau tidak. Aplikasi ini menandakan root anda berhasil dan bisa digunakan untuk memilih aplikasi mana yang anda diijinkan akses root dan mana yang tidak.

Namun jika tidak berhasil juga, mungkin HP anda pernah diroot sebelumnya atau aplikasi framaroot memang tidak cocok dengan HP OPPO anda. Apabila hasilnya demikian, anda bisa mencoba cara lain di bawah ini.

2. Cara Root HP OPPO dengan Kingroot

cara root hp oppo semua tipe dengan kingroot

*sumber:apkpure.com

Framaroot tidak bisa, maka jangan langsung sedih, anda bisa mencoba menggunakan KingRoot. Cara lengkapnya berikut ini.

  1. Mendownload aplikasi King Root versi yang paling baru
  2. Menginstall aplikasi yang dimaksud. Apabila di HP OPPO anda muncul pesan ‘Google installation bocked message’, maka pilih saja more details >> lalu pilih install any way (unsave) >> lalu pilih Ok.
  3. Apabila muncul lagi notifikasi ‘pemasangan dicekal’ atau ‘installation blocked’ atau tulisan dengan arti mirip lainnya, maka ubah dahulu pengaturannya. Caranya yaitu klik setting >> lock screen and security >> aktifkan unknown source atau sumber tidak ketahui >> klik OK
  4. Biasanya setelah pengaturan ini diubah, anda sudah bisa menginstall kingroot.
  5. Cara root HP OPPO selanjutnya yaitu membuka aplikasi kingroot dengan memilih tulisan buka atau open.
  6. Saat aplikasi sudah terbuka, anda bisa klik ‘try it’ lalu nanti anda akan dibawa masuk pada menu-menu.
  7. Klik tulisan ‘get now’ dan dengan begitu proses rooting mulai berjalan. Waktu yang dibutuhkan untuk rooting HP Oppo biasanya sekitar dua hingga 5 menitan, jadi mohon ditunggu dengan sabar.
  8. Apabila proses rooting anda berhasil, nanti akan muncul tulisan ‘rooted’ pada layar.
  9. Anda bisa memastikan lagi apakah HP OPPO anda berhasil di root tidaknya menggunakan aplikasi Root checker. Jika belum punya, bisa download dan install terlebih dahulu. Apabila HP sudah ter root, biasanya akan muncul tulisan ‘Congratulations, root acces is properly installed on this device’.

Selesai, hanya begitu saja caranya. Ada lagi cara lain, anda bisa mencobanya jika tidak juga berhasil menggunakan kedua cara di atas.

Baca Juga :   Penyebab HP Android Lemot dan Cara Mengatasinya

3. Cara Root HP OPPO dengan Oppo Tools

Cara root nya hampir sama seperti kedua cara di atas. Namun cara ini hanya bisa digunakan untuk sistem operasi ColorOS saja, tidak bisa untuk sistem operasi lainnya. Caranya yaitu dengan download aplikasi Oppo Tools >> lalu install dan buka >> pilih tab common >> klik root >> apabila muncul tulisan “install oppo tools plugin” klik next >> Klik Oppo tools >> pilih common >> pilih Root >> pilih one key root. Setelah itu proses root akan berjalan, anda tinggal menunggu saja. Jika ingin di unroot, anda tinggal klik common lalu pilih unroot.

Itu tadi penjelasan tentang cara root HP OPPO untuk semua jenis tipe. Sebenarnya semua tipe HP OPPO cara root nya sama, paling hanya ada sedikit perbedaan di display pengaturan atau display lainnya. Anda pasti bisa menyesuaikan. Sekian, semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Cara Root HP OPPO Semua Tipe Tanpa PC | Ardiansah | 4.5
/* */