6 Cara Mengatasi HP Android Restart/Mati Sendiri

Cara Mengatasi HP Android Restart/Mati Sendiri – Smartphone saat ini bukan lagi menjadi barang mewah. Sudah banyak smartphone dengan harga yang sangat terjangkau, mulai dari dibawah 1 juta, hungga puluhan juta ada. Namun terkadang harga memang tidak dapat membohongi. Spesifikasi yang terdapat pada smartphone murah, terkadang tidak terlalu berkualitas, sehingga menimbulkan beberapa masalah pada HP, seperti lag, sering restar sendiri, ataupun mati sendiri.

Terkadang kita sangat kesal ketika saat bermain game atapun mengerjakan sesuatu, namun HP yang kita gunakan langsung restart sendiri ataupun mati. Sebenarnya ada beberapa masalah yang mungkin terjadi yang menyebabkan HP android Anda mati. Nah, berikut ini beberapa alasannya.

Solusi dan Penyebab HP Mati Sendiri Atau Lag

Penyebab HP Mati Sendiri

Ilustrasi HP Mati

PROMO RALALI DISKON TERBATAS!

Promo Ralali

Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan, yaitu hardware dan software. Beberapa kasus, ada yang penyebabnya adalah software nya yang sudah tidak update dan tidak menyesuaikan. Terkadang karena hardware seperti baterai yang sudah rusak.

Masalah Umum Penyebab HP Android Mati Sendiri Atau Restart Sendiri

  1. Sistem Android error. Dalam beberapa kasus HP android yang restart sendiri, terdapat pada sistem android yang error. Hal ini karena file utama android ada yang terhapus, korup, ataupun hal lainnya. Bisa jadi juga karena sistem android sudah lama tidak di update.
  2. Bentrok antar aplikasi. Smartphone android dengan versi lama, namun dengan aplikasi yang baru dan berat, bisa jadi menjadi penyebab. Contohnya, jika kamu menggunakan smartphone android dengan RAM 2GB saja, namun memainkan game Mobile Legends, bisa jadi sangat lag. Bahkan terkadang keluar notif force close, atau lebih parahnya restart sendiri.
  3. Terlalu banyak file sampah. Hal ini yang sering terjadi, yaitu Anda lupa untuk menghapus file sampah yang ada pada smartphone. Umumnya file ini di hasilkan dari game, browser, dan aplikasi-aplikasi lain. Anda bisa menggunakan aplikasi cleaner untuk membersihkannya.
  4. HP Android sangat panas. Jika hardware terlalu panas, maka baterai akan panas juga. Nah, biasanya para produsen smartphone membekali fitur auto restart jika hardware dirasa terlalu panas. Karena jika terlalu panas, hal ini di khawatirkan akan bisa meledak.
  5. Terserang Virus. Memang sangat jarang smartphone android terkena virus. Namun tidak menutup kemungkinan juga smartphone Anda terkena virus. Mungkin virus tersebut yang menyebabkan hp android mati sendiri. Ada baiknya untuk menginstall aplikasi anti virus di smartphone kamu.
  6. Baterai HP rusak. Salah satu penyebab ini saya alami sendiri. HP saya tiba-tiba mati dan tidak bisa di charge. Setelah saya bawa ke service center, ternyata HP baterai android rusak dan tidak dapat digunakan, dan harus di ganti.
Baca Juga :   Cara Membuat HP Tidak Lemot

Cara Mengatasi HP Android Mati Sendiri Atau Restart Sendiri

  1. Install Cleaner. Untuk menghapus file-file sampah, ada baiknya Anda install aplikasi cleaner yang berfungsi untuk menghapus log, cache dan file sampah lainnya dari aplikasi yang ada di smartphone. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah Clean Master.
  2. Hapus aplikasi yang memiliki fungsi sama. Terkadang beberapa pengguna mencoba-coba aplikasi yang fungsinya sama. Seperti aplikasi editor foto ataupun video. Nah, terkadang hal ini yang menyebabkan hp android sering restart sendiri karena crash antara aplikasi satu dengan yang lainnya.
  3. Hapus Game. Jika versi android dan hp kamu lama, sebaiknya kamu uninstall aplikasi yang dirasa berat. Salah satu aplikasi yang berat adalah game. Karena membutuhkan sistem yang berat untuk menjalankannya.
  4. Factory reset. Cara yang paling mudah untuk mengatasi hp android yang sering mati ataupun restart sendiri adalah dengan factory reset. Namun perlu di ketahui, menggunakan cara ini bisa menghapus seluruh file yang ada dalam smartphone kamu, baik itu aplikasi ataupun data seperti foto dan lainnya.
  5. Periksa hardware. Yang sering terlupakan adalah memeriksa hardware smartphone tersebut. Jika kamu tidak dapat memeriksanya, kamu bisa membawanya ke service center seperti yang saya lakukan. Jika terdapat part yang rusak, segera ganti. Jika memungkinkan, ganti dengan part yang original.

Memang terkadang memiliki HP yang lemot, ataupun memiliki masalah HP yang sering restart sendiri sangat repot. Namun semua ada solusinya. Semoga cara-cara di atas dapat membantu kamu untuk mengatasi penyebab hp android yang sering mati sendiri.

6 Cara Mengatasi HP Android Restart/Mati Sendiri | HPTerbaru | 4.5
/* */
IBX5AF16D58A8D37