Snapseed, Aplikasi Edit Foto Dari Google

Dalam kalangan pengguna iOS tentu tidak asing lagi dengan applikasi Snapseed. Mulanya aplikasi ini diciptakan oleh pengembang Nik Software pada tahun 2011 yang lalu.

Namun popularitasnya semakin mendunia, maka akhirnya Snapseed dibeli Google. Terdapat bermacam fitur terus ditambahkan dan membuat Snapseed sangat lengkap untuk membantu Anda melakukan editing gambar dalam bermacam jenis.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit mebagikan mengenai beberapa cara menggunakana applikasi Snapseed di pernagkat iOS. Penasaran bukan ? baca artikel ini sampai selesai yah..!!!

Cara Menggunakan Applikasi Snapseed di Perangkat iOS

Menggunakan Tools atau Filter

Pada umunya mode edit gambar di Snapseed terdiri dari dua maca. Yakni edit menggunakan Tools atau langsung dengan beragam kategori Filter yang tersedia di dalamnya.

Mengenai Tools, terdapat beberapa kategori seperti Tune Image, Details, Crop, Perspective, Rotate, White Balance dan beberapa yang lainnya. Dan untuk Filter dibagi atas efek Lens Blur, Tonal Contrast, Drama dan yang lain sebagainya

snapseed aplikasi edit foto dari google

Perlu di ingat sebelum mulai mengedit gambar, Anda pastikan dulu bahwa Anda tujuan akhir yang ingin didapatkan dengan jelas.

Akankah hanya ingin sekedar membuat gambar lebih cerah dan cocok untuk diunggah ke sosial media? Atau mungkin saja nih ingin mengubah warna gambar menjadi efek Retrolux dengan beberapa langkah mudah saja? Menetapkan hasil akhir ini tentu Anda akan secara mudah dan cepat dalam melakukan editing pada foto tersebut

Cara Meningkatkan Kecerahan Gambar

Brightness atau kecerahan gambar merupakan salah satu elemen pertama yang biasa saya edit. Dengan menggunakan langkah ini, maka gambar akan terasa lebih hidup. Terdapat beberapa cara meningkatkan kecerahan gambar dengan Snapseed yang dapat Anda lakukan. Caranya yaitu di antaranya sebagai berikut :

  • Memakai Tune Image

Pertama pilih gambar yang ingin Anda edit, lalu tekan ikon pensil di bagian kanan bawah layar. kemudian masuk ke Tools – Tune Image. Lalu tekan dan tahan layar, kedian pilih mode Brightness dan swipe ke kiri atua kanan untuk mengubah tingkat kecerahan yang Anda inginkan.

Loading...
  • Brush

Ini merupakan mode Brush di Snapseed dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kecerahan dari sebuah gambar atau foto. Pertama Anda masuk ke mode ini dari bagian Tune Image – Brush. Lihat di  bagian bawah pilihlah EV Exporuse dan pilih angka +0.3, +0.7 atau lainnya sesuai keingian.

Kemudian swipe di bagian atas gambar untuk memilih bagian yang ingin Anda naikkan nilai Exposure-nya. Pakailah  mode mata di bagian kanan bawah untuk melihat hasil Brush dengan warna merah apabila Anda ingin mendapatkan tampilan lebih detail.

Crop, Expand dan Transform

Perlu di pahami bahwa rasio dan komposisi foto juga tidak kalah penting apabila dibandingkan dengan filter gambar dalam applikasi edit foto Snapseed ini. Terdapat beberapa jenis komposisi foto yang dapat Anda  gunakan dan pelajari dengan mudah.

Contohnya nih rule of thirds, center object juga beberapa lainnya yang dapat Anda pilih. Dan  untuk fotografi dengan tema arsitektur, maka dapat memakai mode perspektif foto seperti halnya efek distorsi harus dibuat minimal, ini memberikan efek gedung tegak dan lebih besar misalnya.

Jika Anda ingin mengolah rasio foto dan juga komposisinya, Anda dapat menggunakan 3 tools yang sering saya pakai di Snapseed.

Yakni tools Crop untuk memotong foto dalam beberapa jenis ukuran dan juga membuatnya lurus dalam garis horizon, tools Expand untuk memperluas gambar atau foto dengan mode analisa digital dan juga tools Transform yang berguna untuk mengubah perspektif foto dalam sisi horisontal juga vertikal.

Untuk lebih mengerti mengenai cara menggunakan applikasi Snapseed.  Maka dapat melihat video ini mengenai cara merubah warna background foto di Snapseed.

https://www.youtube.com/watch?v=Ax8pWwhzXyM

/* */