Penyebab HP Android Lemot dan Cara Mengatasinya

HP android merupakan jenis HP yang paling banyak digunakan. Banyak sekali merk dengan berbagai tipe dan spesifikasi HP android yang dijual di pasaran. Harganya juga beragam, rata rata berkisar antara 1 juta hingga puluhan juta rupiah. Meski mahal tetapi ada saja penyebab hp android lemot dan cara mengatasinya juga sangat mudah.

Pada saat baru dibeli, HP android tentu terasa lancar dan mulus dalam menjalankan aplikasi. Namun seiring berjalannya waktu akan mulai ditemukan masalah-masalah dalam penggunaannya. Masalah yang paling sering mengganggu para pengguna android adalah HP yang terasa lemot, terutama saat menjalankan aplikasi yang berat.

Cara paling sederhana yang biasanya dilakukan adalah dengan menekan tombol “clean up” pada aplikasi cleaner. Sayangnya cara ini tak selalu bekerja. Untuk itu, tak ada salahnya kita coba pahami bersama penyebab HP android lemot dan cara mengatasinya.

Ini Dia 4 Penyebab HP Android Lemot dan Cara Mengatasinya

Tidak ada yang lebih membuat jengkel para pengguna android selain Hpnya yang tiba tiba menjadi lemot. Jika HP lemot terjadi karena faktor yang tidak terlalu serius seperti adanya kerusakan pada hardware, anda tentu bisa mengatasinya sendiri. Berikut adalah beberapa penyebab HP android lemot dan cara mengatasinya:

  1. Memori Internal Terlalu Penuh

penyebab hp android lemot dan cara mengatasinyaMemori internal adalah memori yang dipakai untuk untuk menyimpan berbagai aplikasi. Instal aplikasi yang berlebihan akan membuat memori internal penuh. Kondisi seperti ini akan turut memperberat kinerja RAM dan prosessor. Jika sudah begini maka lemotnya HP tak bisa dihindarkan lagi.

Cara mengatasi HP yang menjadi lemot karena memori internal terlalu penuh tentunya adalah dengan mengurangi muatan di dalam memori tersebut. Hapuslah aplikasi aplikasi yang sudah jarang dipakai. Selain itu, anda juga perlu membersihkan cache aplikasi yang menumpuk. Hal tersebut akan membuat kerja RAM semakin ringan dan mengurangi lemotnya HP android.

  1. Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang
Baca Juga :   Bagaimana Cara Mengatasi HP Android Yang Lemot?

terlalu banyak aplikasi yang berjalanKita kerap membuka beberapa aplikasi sekaligus di HP android. Terkadang kita juga menutup aplikasi yang sedang tidak dipakai. Aplikasi aplikasi di android tidak otomatis tertutup dengan hanya menekan tombol home. Beberapa akan tetap berjalan di latar belakang dan membuat kinerja HP menjadi berat.

Penyebab HP android lemot dan cara mengatasinya dari masalah ini adalah dengan menutup aplikasi tak terpakai melalui application manager. Caranya cukup mudah, anda cukup membuka recent app pada android. Lalu swipe aplikasi yang tak terpakai agar tertutup dengan sempurna.

Baca juga: Cara Mengatasi HP Lemot Terbukti Ampuh!

  1. Terlalu Banyak Memasang Widget

terlalu banyak widgetMasing masing HP memiliki widget bawaan yang bisa dipilih oleh pengguna dan ditampilkan di layar utama HP android. Penggunaan widget membuat tampilan HP terlihat lebih menarik. Namun ternyata penggunaan widget yang berlebihan dapat membuat HP android menjadi lemot.

PROMO RALALI DISKON TERBATAS!

Promo Ralali

Penyebab HP android lemot dan cara mengatasinya dari masalah ini adalah dengan membuang widget yang tidak diperlukan. Pastikan anda hanya memasang widget yang benar benar memiliki fungsi penting.

  1. Tidak Memasang Aplikasi Pembersih

PROMO RALALI DISKON TERBATAS!

Promo Ralali

tidak memasangan aplikasi pembersihKeberadaan aplikasi pembersih di dalam HP android sangatlah penting. Aplikasi ini akan mengingatkan pengguna jika sudah terlalu banyak cache yang menumpuk. Adanya aplikasi ini akan membuat proses pembersihan cache menjadi lebih mudah. Selain itu pemanfaatan memori juga menjadi lebih maksimal.

Setelah memahami penyebab HP android lemot dan cara mengatasinya, kini anda bisa membuat HP android anda berfungsi dengan lancar seperti sedia kala. Pastikan untuk tetap menggunakannya dengan bijak agar HP android dapat bertahan lama.

Penyebab HP Android Lemot dan Cara Mengatasinya | HPTerbaru | 4.5
/* */
IBX5AF16D58A8D37